Tentang NUPTK
NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan
Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia.
NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK
sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan
dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang
harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti
program-program Kementrian lainnya, antara lain:
- Sertifikasi PTK
- Uji Kompetensi PTK
- Diklat PTK, dan
- Aneka Tunjangan PTK
Mengapa harus VerVal Ulang NUPTK
2013?
- NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 - 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
- BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
- Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
- Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.
Apa manfaat bagi PTK?
- Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
- Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
- Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses pengembangan)
- Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)
Tentang PADAMU NEGERI
PADAMU NEGERI (singkatan dari Pangkalan Data
Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan
Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan
Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan - Penjaminan Mutu Pendidikan
(BPSDMPK-PMP).
PADAMU NEGERI dibangun sebagai pusat layanan data
terpadu yang bersumber dari/ke sistem transaksional BPSMPK-PMP Kemdikbud
lainnya, meliputi: Evaluasi Diri Sekolah (EDS), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan
Tenaga Kependidikan), Sertifikasi PTK, dan Diklat PTK.
PADAMU NEGERI juga terbuka untuk menjadi salah satu
layanan pusat sumber data bagi program-program terkait lainnya baik di
lingkungan internal atau eksternal Kemdikbud.
Melalui PADAMU NEGERI ini, BPSDMPK-PMP berupaya
mendorong terwujudnya program - program pembangunan untuk peningkatan Mutu
Pendidikan Nasional baik di tingkat pusat dan daerah dengan terpadu yang
berbasis pada data-data yang faktual, transparan, obyektif, akurat, akuntabel
dan berkesinambungan.
Oleh karena itu mohon dukungan dan kerjasamanya dari
seluruh institusi pendidikan se-Indonesia untuk berpartisipasi dan
berkontribusi aktif pada Layanan PADAMU NEGERI sesuai dengan kapasitas
masing-masing.
Mari bersama kita tingkatkan Mutu Pendidikan Nasional
yang berkesinambungan demi mencerdaskan generasi bangsa saat ini dan masa depan
dengan semangat membangun bersama PADAMU NEGERI INDONESIAku.
Tentang EDS
Evaluasi
Diri Sekolah (EDS) telah dilaksanakan sejak tahun 2010 oleh Pusat Penjaminan
Mutu Pendidikan (PPMP) BPSDMPK-PMP. Program EDS dilaksanakan secara periodik
setiap tahun dengan mendistribusikan instrumen kuisoner kepada responden di
setiap sekolah. Hasil dari pengisian instrumen kuisoner tersebut menjadi dasar
dari proses analisa mutu pendidikan mulai dari tingkat sekolah, tingkat
kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional.
Pada
tahun 2010 program EDS melibatkan 10.000 sekolah, pada tahun 2011 melibatkan
29.000 sekolah, pada tahun 2012 melibatkan 39.000 sekolah. Pada tahun 2013 ini
direncanakan melibatkan seluruh sekolah se-Indonesia dari mulai jenjang SD,
SMP, SMA dan SMK baik negeri dan swasta khususnya dibawah naungan Kementrian
Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan.
Program EDS 2013
Mulai
tahun 2013, pelaksanaan EDS menjadi salah satu bagian dari Layanan Sistem
Informasi PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP Kemdikbud. Instrumen Kuisoner EDS
didistribusikan untuk dapat diisi secara online langsung dari Internet oleh
para responden, antara lain: Kepala Sekolah, Pendidik (Guru), Tenaga
Kependidikan (Staf), Peserta Didik (Siswa) dan Komite Sekolah. Data para
responden dijaga kerahasiannya oleh sistem dan hasil isian instrumennya secara
otomatis akan tersimpan terpusat di server Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI.
catatan:
Petunjuk Teknis Program EDS akan tersedia bulan Juni 2013
Petunjuk Teknis Program EDS akan tersedia bulan Juni 2013
Setiap
Sekolah akan diberikan akun login ke Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI.
Pihak Sekolah selanjutnya dapat membuat dan mendistribusikan akun login kepada
para kepala sekolah, guru, staf, siswa dan komite sekolah agar dapat mengakses
dan berpartisipasi aktif mengisi instrumen kuisoner EDS masing-masing secara
online.
Hasil
analisa dari isian instrumen kuisoner EDS akan disediakan secara online untuk
dapat diakses oleh setiap sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas
pendidikan provinsi dan direktorat Kemdikbud. Seluruh informasi tersebut dapat
diakses melalui Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI di http://padamu.kemdikbud.go.id/
No comments:
Post a Comment